SEJARAH
DAN DEFINISI FACEBOOK
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring social dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang
dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook
memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil
pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Nama layanan ini berasal dari
nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu
sama lain.
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama temannya dan sesame mahasiswa ilmu computer. Eduardo
Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja kemudian diperluas ke perguruan lain.
Situs ini secara perlahan mebuka diri kepada mahasiswa di universitas lain
sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang
yang berusia minimal 13 tahun.
Sehingga menurut statoistik pada
16 Maret jam 14.00 WIB ada 2.235.280 orang yang menyatakan warga Indonesia di
Facebook.
MANFAAT
FACEBOOK
a. Sebagai Sarana Dakwah
Facebook
bisa digunakan sebagai sarana dakwah yang bagus di tengah keringnya ilmu dan
informasi tentang Islam yang benar sehingga betapa bayak orang mendapatkan
hidayah disebabkan membaca artikel di Facebook atau diskusi Facebook
b. Wadah Silaturrahmi
Facebook
bisa digunakan sebagai wadah untuk menyambung silaturrahmi antara sesame teman,
orang tua, kerabat, murid, atau guru dan ajang untuk mencari kawanlebih banyak
lagi itu hokum asalnya adalah boleh-boleh saja.
c.
Menyimpan
File atau Tulisan
Tulisan yang disimoan di
computer bukan tidak mungkin akan hilang saat computer terkena virus. Akan
tetapi jika disimpan di facebook maka file tersebut tetap akan selamat account
masih aktif.
KEBURUKAN
FACEBOOK
a. Kecanduan
Banyak
dari pengguna Facebook merasa asyik berbalas atau chatting, sehingga mereka
menjadi lupa waktu, tugas kewajibannya, bahkan ada yang sampai dibuat lari dari
aturan agama gara-gara kecanduan Facebook.
b. Wadah Maksiat
Banyak
dari pengguna Facebook tidak mengindahkan aturan agama sehingga menjadikan
Facebook sebagai wadah maksiat berupa ghibah, fitnah, gossip, pacaran, dan
sebagainya.
c.
Gambar
Foto
Diantara wadah Facebook
yang sangat perlu diperhatikan adlah budaya menampilkan foto-foto pribadi yang
jelas akan dilihat banyak oran. Bahkan terkadang yang ditampilkan adalah
foto-foto seronok yang mengumbar nafsu. Oleh karenanya bagi para pengguna
Facebook hendaknya mengganti foto-fototersebut dengan foto-foto lain yang tidak
bermasalah seperti pemandangan alam dan sejenisnya.
ETIKA
SEORANG MUSLIM DALM BER-FACEBOOK
a. Jadikan sebagai ladang pahala
Hendaknya
seseorang yang masuk pada situs ini meluruskan niatnya terlebih dahulu, dia
benar-benar ingin menjadikan Facebook untuk sesuatu yang bermanfaat sebagai
ajang silaturrahmi, berdakwah, menimba ilmu, dan sebagainya.
b. Mengatur waktu
Hendaknya
pengguna Facebook memahami akan mahalnya waktu. Janganlah dia terjebak dalam
kesiasiaan atau terlena keenakan chatting sehingga lalai dari solatnya,
kewajiban, dan tugasnya di rumah atau tempat kerja.
c.
Waspadalah
Zina mata dan hati
Dalam
facebook akan diposting foto-foto pengguna Facebook lainnya yang terkadang
mereka adalah foto-foto lawan jenis. Tidak menutup kemungkinan muncul nafsu
berahi dengan melihatnya. Maka hendaknya kita menyadari bahwa semua itu adalah
ujian kaan keimanan kita kepada-Nya.
d. Jagalah kata-kata
Janganlah
kita merasa bebas membaca status atau komentar dan kata-kata di Facebook. Pilihlah kata-kata yang baik dan
menyenangkan. Jangan menulis kata-kata kotor, fitnah, provokasi, gosip, ghibah,
gunjingan, dan sebagainya. Seorang muslim harus menjaga anggota tubuhnya dari hal-hal
yang dapat menodai keimanannya.
No comments:
Post a Comment